Senin, 15 Maret 2010

Lingoes

Alih-alih diterjemahkan, kadang mengartikan kata berbahasa Inggris terasa lebih pas jika dijelaskan dalam bahasa yang sama. Nah, pada InfoKomputer edisi Agustus 2009 lalu, kami sempat mengulas tentang aplikasi WordWeb. Ini adalah kamus yang menawarkan pencarian definisi, sinonim, dan antonim suatu kata dalam bahasa Inggris. Mirip fungsi Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Kali ini kami menjajal aplikasi lain bernama Lingoes. Secara garis besar, Lingoes memiliki fungsi serupa dengan WordWeb. Aplikasi ini lebih ekstensif karena mampu melakukan pencarian di beberapa kamus online. Tentu jika pengguna memiliki akses internet. Namun kamus bawaannya (Essential English Dictionary) kami rasa sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan bahasa Inggris pada umumnya.
Selain sebagai kamus, Lingoes juga memiliki beberapa fungsi menarik lainnya. Salah satunya adalah penerjemahan teks yang terintegrasi dengan Google Translate, Yahoo! Babelfish, dan beragam situs alih bahasa online, termasuk ke aksara Jepang dan Mandarin. Namun lagi-lagi, pengguna harus tersambung ke internet untuk memanfaatkan feature ini. Fungsi lain yang cukup membantu, terutama bagi pelajar dan mahasiswa, antara lain: tabel periodik unsur kimia, alat konversi mata uang dan besaran fisika, serta peretas kode Base64 dan algoritma hashing MD4/MD5/SHA-1.
Menariknya, Lingoes menyediakan pula aplikasi dalam format portabel. Tanpa perlu repot menginstalasi, berkas berekstensi ZIP ini tinggal disimpan dalam flashdisk, diekstraksi, dan langsung dapat dijalankan di mana saja. (Erry EP)
Plus : Ada dukungan audio, kaya feature tambahan, tersedia format portabel
Minus : -
Spesifikasi LINGOES VERSI 2.6.3

Ukuran Installer

4,84 MB (portabel versi 2.6.2: 5,27 MB)
Situs Download:
http://www.lingoes.net/en/translator/download.htm
Jenis:
Freeware
Penerbit:
Lingoes Project
Sistem Operasi
Windows 2000/XP/2003/Vista/7
http://www.infokomputer.com/software/lingoes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar